Print this page

Peranan dan Fungsi Alumni

17 June 2018, 7:00 am Written by 
Published in Latest News
Read 240 times Last modified on Wednesday, 29 August 2018 23:54

Salah satu orientasi setiap perguruan tinggi adalah untuk menghasilkan lulusan yang terbaik. Lulusan terbaik tersebut dapat dilihat dari berbagai indikator, baik indikator akademis maupun non akademis. Indikator yang tidak kalah pentingnya adalah kualitas alumni dalam menghadapi tuntutan pada jenjang pendidikan di tingkat lebih tinggi atau pun persaingan dalam dunia lapangan kerja. Apakah alumni dari lembaga tertentu mampu menembus berbagai persaingan kualitas dengan alumni dari lembaga lainnya atau tidak? Hal ini sudah lazim akan menjadi tolok ukur utama bagi masyarakat awam yang dalam hal ini masyarakatlah yang akan menjadi penyuplai mahasiswa dan sekaligus sebagai pelanggan dari lembaga tersebut. Dalam jenjang akhir lembaga pendidikan Perguruan Tinggi, tolok ukur yang paling dipakai oleh masyarakat untuk menyuplai mahasiswa adalah apakah lulusannya mudah dapat pekerjaan atau banyak yang menganggur. Sedangkan indikator yang dipakai oleh masyarakat sebagai pemakai alumni adalah apakah lulusan dari Perguruan Tinggi tersebut mampu bekerja sesuai dengan tuntutan atau tidak.

Dengan melihat latar belakang tersebut di atas, maka alumni atau lulusan memiliki peranan dan fungsi yang sangat besar terhadap eksistensi suatu lembaga pendidikan. Alumni akan menjadi semacam mercusuar bagi masyarakat untuk memanfaatkan alumni baru sebagai tenaga kerjanya atau untuk masuk menjadi mahasiswa di lembaga pendidikan tersebut. Jika “mercusuar” ini sama sekali tidak tampak oleh masyarakat, maka dapat dimengerti jika lembaga pendidikan tersebut akan tidak memiliki nama atau bahkan akan segera gulung tikar.

Para alumni atau lulusan dari suatu lembaga pendidikan, tentu akan menganggap sekolahnya atau Perguruan Tingginya merupakan induk yang melahirkan dirinya, sehingga akan memiliki ikatan batin dan emosional dengan lembaga pendidikan tersebut. Ikatan batin tersebut akan melahirkan dorongan untuk turut andil dalam mempertahankan eksistensi perguruan tinggi yang pernah memberi hutang budi kepadanya.

Oleh sebab itu para alumni membentuk organisasi untuk mengikat dan tetap mempertahankan hubungan antar para alumni maupun antara alumni dengan lembaga pendidikan tersebut. Kita dapat melihat dan mencontoh organisasi alumni dari perguruan tinggi ternama seperti UI, ITB, UGM, Harvard, Oxford, dan sebagainya. Organisasi alumni tidak boleh terjebak hanya untuk melakukan kegiatan kangen-kangenan dan bernostalgia, meskipun hal tersebut akan selalu ada di dalamnya. Melalui organisasi alumni ini, akses almamater dan masyarakat terhadap eksistensi alumni akan lebih mudah didapatkan. Terlebih di era globalisasi komunikasi ini, organisasi alumni dapat memanfaatkan berbagai media online untuk menampilkan diri dalam kaitan dengan internal organisasi maupun karya perorangan anggota alumni sebagai hasil output dari almamaternya, yang tentu hal ini akan membangun opini publik yang positif dan menjadi media survey yang murah bagi almamater.

Berikut beberapa hal peranan dan fungsi alumni bagi perguruan tinggi:

  • Menjadi tolok ukur masyarakat untuk menggunakan lulusannya dalam dunia kerja.
  • Menjadi tolok ukur bagi masyarakat untuk mengenyam pendidikan di lembaga tersebut.
  • Menjadi model bagi para siswa/mahasiswa yang masih studi.
  • Membangun citra positif/opini publik tentang almamaternya di masyarakat.
  • Menyiapkan lapangan kerja bagi lulusan baru / adik-adinya.
  • Menyumbang materi untuk pengembangan almamater: penggalangan dana, dll.
  • Menyumbang saran, pemikiran, ide-ide baru terhadap almamater.
  • Ikut terlibat dalam berbagai kegiatan lembaga pendidikan, seperti membantu ketika kekurangan tenaga pengajar, terlibat dalam kegiatan wisuda, terlibat dalam kegiatan akreditasi, dll.

 

Rate this item
(0 votes)
Uthlubul Ilma

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya.

Website: https://akperisvill.ac.id

Latest from Uthlubul Ilma